Di era modern seperti saat ini, siapa yang tidak mengenal Alibaba. Merupakan perusahaan e-commerce dengan konsep B2B, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma ini sukses menjadi salah satu raksasa e-commerce dunia. Bagi mereka yang hobi berbelanja di situs perdagangan elektronik asal China ini, tentu harus memahami tips belanja online di Alibaba.

Pasalnya, pasar online yang satu ini menyediakan beragam pilihan barang yang ditawarkan oleh banyak supplier. Sehingga agar terhindar dari tindak penipuan, ada baiknya untuk mengetahui tips aman berbelanja di Alibaba berikut ini!

Daftar dan Login Terlebih Dahulu

Ketika ingin berbelanja di situs toko online, langkah pertama yang harus dilakukan tentu memiliki akun dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sehingga nantinya, proses berbelanja akan lebih mudah dan juga aman.

Buka website Alibaba lalu daftarkan diri melalui website tersebut. Isi seluruh data diri Anda dengan benar dan jelas, guna menghindari kesalahan dalam pengiriman. Setelah berhasil terdaftar, login agar dapat melanjutkan aktivitas berbelanja.

Pilih Barang Incaran Dengan Cermat

Setelah berhasil masuk, Anda hanya perlu memilih barang yang Anda sukai dan menjadi incaran untuk dibeli. Namun Anda perlu meneliti dengan baik apakah supplier tersebut merupakan supplier berkualitas dan terpercaya atau tidak, agar Anda terhindar dari tindak penipuan.

Ada baiknya untuk memilih penyedia produk yang telah terverifikasi dan memiliki predikat baik.

Predikat A&V untuk supplier yang telah lulus pemeriksaan keaslian, predikat Onsite Check yang mengindikasikan bahwa supplier benar-benar berbasis di China, serta predikat Assessed Supplier Check yang mengindikasikan bahwa supplier telah diverifikasi oleh pihak ketiga. Selain itu Anda juga dapat melihat dari riwayat transaksinya ataupun review dari konsumen lain.

Filter Hasil Pencarian Agar Lebih Cepat

Untuk mempersingkat waktu, Anda dapat menyaring hasil pencarian dengan mengetik barang secara lebih spesifik. Caranya, cukup dengan menggunakan opsi “Option” yang terletak di sisi kiri halaman pencarian.

Contohnya Anda ingin mencari “baju”, agar lebih spesifik Anda dapat memilih “baju lengan panjang”, “baju tanpa lengan”, atau “baju lengan pendek”. Tambahkan pula kata kunci lainnya seperti warna, ataupun dapat mencari berdasarkan asal negara barang tersebut.

Pesan dan Negosiasi Barang

Setelah Anda yakin jika penyedia produk tersebut aman dan terpercaya, langkah selanjutnya adalah memesan barang tersebut. Namun apabila Anda belum cukup yakin untuk memesan dan ingin melakukan tawar menawar dengan supplier, klik pada kontak supplier agar dapat menanyakan dan bernegosiasi terkait dengan harga barang tersebut.

Pilih Metode Pembayaran Sesuai Kebutuhan

Langkah terakhir adalah memilih metode pembayaran untuk pesanan Anda. Alibaba menyediakan beragam metode pembayaran yang dapat dipilih, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Paypal, hingga Western Union.

Perlu diingat jika setiap transaksi di Alibaba akan dikenakan fee sebesar 25 USD, sehingga Anda dapat memperkirakan kisaran harga serta metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Agar Lebih Aman, Lindungi Gadget Anda!

Banyaknya kejahatan dan penipuan yang terjadi di dunia maya membuat Anda sebagai pembeli harus lebih waspada dan berhati-hati. Sehingga agar lebih aman, Anda dapat melindungi gadget dengan memasang antivirus, firewall, ataupun anti-spyware.

Baca Juga : 7 Sumber Devisa Negara Indonesia, Ekspor Impor Salah Satunya

Demikianlah informasi terkait tips belanja online di Alibaba. Apabila Anda tidak memiliki akun rekening bank China dan bingung bagaimana cara membayarkan kepada supplier, Anda dapat mentransfer uang ke rekening Wijaya Abadi Cargo dalam bentuk Rupiah.

Tim Wijaya Abadi Cargo yang berlokasi di China akan mengirimkan uang kepada supplier dalam bentuk Yuan. Proses impor barang pun menjadi semakin cepat, aman, dan mudah. Tak hanya itu, Wijaya Abadi Cargo juga menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin membangun bisnis dropship barang-barang murah dari Cina.