Mau belanja barang luar negeri sekarang sudah tidak sulit lagi seperti dulu, karena bisa dilakukan dengan jalur online. Sayangnya, tak semua yang via online itu aman makanya perlu ketelitian saat mencarinya. Sebagai contoh adalah, ketika Anda beli barang dari luar negeri China maka ada baiknya cek cara beli barangnya berikut ini.

4 Cara Beli Barang Dari Luar Negeri

Biar Anda tidak salah beli dan kecewa dengan pelayanan toko hingga ekspedisi di negara tersebut, sudah waktunya Anda pakai empat cara berikut ini. Supaya proses pembelian barang lancar dari awal hingga sampai di tujuan.

Riset Situs

Coba cari situs-situs penjualan online yang ada di negara tersebut, bandingkan bagaimana proses yang harus Anda lewati untuk membeli barang disana. Standarnya, sama dengan marketplace yang ada di Indonesia.

Yaitu, dimulai dari order barang di toko online yang tersedia. Kemudian Anda akan diberikan pilihan ekspedisi yang akan digunakan, lalu ada biaya pengiriman dan bea cukai. Setelah cocok, Anda tinggal lakukan pembayaran dan tinggal menunggu barang tersebut sampai di tempat Anda.

Pengecekan posisi barang juga bisa dilakukan berdasarkan airwaybill yang diinformasikan kepada Anda, setelah barang diterima ekspedisi. Jadi, bisa diperkirakan kapankah barang tersebut akan sampai.

Berapa Ongkos Kirimnya

Tentukan juga berapa ongkos kirim yang harus Anda bayar. Lakukan survei dan perbandingan antara beberapa marketplace di negara tersebut, lalu carilah mana ongkos kirim yang paling masuk akal dari segi jarak, volume barang, hingga layanan yang akan Anda dapatkan.

Membandingkan itu sangat penting, siapa tahu pada marketplace A harga ongkos kirim murah tapi ternyata review pengunjung tidak bagus karena pelayanan kurang memuaskan. Sedangkan di toko online B ongkos kirimnya lebih mahal tapi dengan memberikan pelayanan memuaskan dan diberi lima jempol oleh konsumen.

Bagaimana Cara Bayarnya

Banyak cara pembayaran yang biasanya disediakan oleh berbagai marketplace apalagi di luar negeri. Fungsinya tentu untuk memudahkan siapa saja membayar dengan cara yang nyaman untuk mereka. Tapi sebaiknya pastikan ada pilihan pembayaran kartu kredit, yang tergolong lebih aman dari pembobolan data ketimbang pakai cara debit.

Apalagi, transaksi yang terjadi bukan lagi lokal tapi internasional yang melibatkan bank internasional. Makanya, perlu juga cek apakah keamanan data pribadi Anda terjamin jika menggunakan metode pembayaran yang disediakan marketplace tersebut.

Berapa Biaya Cukai

Anda juga harus memiliki wawasan tentang biaya cukai yang dibebankan kepada Anda, oleh pihak ekspedisi. Pastikan tidak terjadi pembengkakan pembayaran akibat toko online yang mematok harga bea cukai yang di atas rata-rata harga sebenarnya.

Butuh ketelitian juga untuk memastikan hal ini, mulai dari mengecek informasi di beberapa marketplace, kemudian mengecek informasi biaya bea cukai sebenarnya di situs resmi bea cukai. Kemudian baru memilih manakah marketplace yang menerapkan harga wajar.

Eceran atau Grosir

Anda juga perlu tahu, apakah toko online yang dipilih itu menyediakan layanan pembelian eceran alias satuan atau hanya untuk pembelian dalam jumlah banyak. Apalagi di China, lebih banyak orang berbelanja sistem grosir untuk di jual kembali di negara mereka. Sehingga kebanyakan toko memprioritaskan pembelian grosir ketimbang eceran.

Berminat untuk beli barang dari luar negeri seperti China? Tak perlu khawatir, Anda tinggal pilih marketplace yang tersedia, kemudian untuk jasa dropship barang dari China ke Indonesia tinggal pilih wijayacargo.com yang sudah punya pengalaman maksimal melayani pembeli dari Indonesia dengan jaminan keamanan dan kepuasan berbelanja.